Wisata Sejarah : Museum Zoologi Bogor

Wisata Sejarah : Museum Zoologi Bogor
Museum Zoologi Bogor

Museum Zoologi Bogor merupakan sebuah museum yang berada di Jalan Ir. H. Juanda No. 14, Kota Bogor, Jawa Barat, Indonesia. Museum ini diresmikan pada tahun 1894 oleh pemerintah Hindia Belanda dengan nama "s'Lands Plantentuin te Buitenzorg". Berikut adalah informasi lengkap tentang Museum Zoologi Bogor:

  1. Sejarah Museum Zoologi Bogor awalnya merupakan bagian dari "s'Lands Plantentuin te Buitenzorg" atau Kebun Raya Bogor yang dibuka pada tahun 1817. Pada tahun 1894, di dalam kebun raya ini didirikan sebuah museum zoologi yang bertujuan untuk menyimpan dan meneliti koleksi hewan dari seluruh Indonesia. Museum Zoologi Bogor kemudian menjadi lembaga penelitian dan pengembangan ilmu zoologi yang terkemuka di Indonesia.

  2. Koleksi Museum Zoologi Bogor memiliki koleksi hewan dan spesimen yang sangat lengkap, terutama dari Indonesia dan Asia Tenggara. Koleksi tersebut terdiri dari hewan vertebrata (mamalia, burung, reptil, dan ikan) serta invertebrata (serangga, moluska, dan lain-lain). Saat ini, koleksi museum mencapai lebih dari 200.000 spesimen, termasuk beberapa spesies yang sudah langka dan dilindungi.

  3. Fasilitas Museum Zoologi Bogor memiliki berbagai fasilitas, antara lain:

  • Ruang pameran
  • Perpustakaan
  • Laboratorium
  • Ruang rapat
  • Auditorium
  • Kafetaria
  1. Harga tiket dan jam buka Harga tiket masuk ke Museum Zoologi Bogor cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp 2.000-10.000 per orang tergantung dari jenis tiket yang ingin dibeli. Museum Zoologi Bogor buka setiap hari kecuali hari Senin, mulai pukul 08.00-15.00 WIB.

  2. Lokasi Museum Zoologi Bogor terletak di Jalan Ir. H. Juanda No. 14, Kota Bogor, Jawa Barat. Museum ini sangat mudah dijangkau dari berbagai titik di Bogor dengan kendaraan pribadi atau angkutan umum.

Demikian informasi lengkap tentang Museum Zoologi Bogor. Museum ini cocok untuk dikunjungi oleh para penggemar hewan dan peneliti yang tertarik dengan ilmu zoologi dan keanekaragaman hayati Indonesia.

Related Posts

Comments (0)

There are no comments yet

Leave a Comment