Tragis! Ade Yasin Ikuti Jejak Kakak Rachmat Yasin Diciduk KPK

Tragis! Ade Yasin Ikuti Jejak Kakak Rachmat Yasin Diciduk KPK

Bogor - Bupati Bogor Ade Yasin terjaring operasi tangkap tangan (OTT) KPK seperti kakak kandungnya Rachmat Yasin. Keduanya terjerat OTT KPK saat menjabat sebagai Bupati Bogor.
"Ini tragis, kakak adik diproses KPK," kata Peneliti Pukat UGM Zaenur Rohman kepada wartawan, Kamis (28/4/2022).

Untuk diketahui, dalam OTT terhadap Rachmat Yasin kala itu, tim KPK mengamankan uang miliaran rupiah. Uang itu adalah uang suap untuk sang pejabat terkait pengurusan lahan di Puncak dan Sentul.

"Ini menunjukkan buruknya dinasti politik di daerah. Dinasti politik di daerah itu menunjukkan banyaknya mudarat, keburukan-keburukan," jelasnya.

Zaenur menyebut kasus kakak-beradik ini merupakan contoh buruknya dinasti politik. Dia menyebut dinasti politik bakal memunculkan potensi korupsi.

"Karena kekuasaan berkumpul di tangan satu orang sehingga tidak ada kekuatan politik lain yang melakukan pengawasan dan pengimbangan. Ini menjadi bukti politik dinasti sangat rawan terjadi korupsi," ucap dia.

Dalam kasus ini KPK menemukan uang tunai dalam pecahan rupiah yang jumlahnya masih dihitung. Transaksi haram itu sebagai upaya Pemkab Bogor mendapatkan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK.

Related Posts

Comments (0)

There are no comments yet

Leave a Comment